Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiah Sukorejo Situbondo

Pada H+10 lebaran bulan Agustus lalu, saya dan keluarga mengantar adik laki-laki kedua saya, Khalif Akmal Ramadhan, untuk melanjutkan sekolahnya di Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiah Sukorejo Situbondo. Sekarang, adik saya duduk di kelas 7 SMP Ibrahimy Sukorejo (entah itu SMP 1 atau SMP 2) dan kelas 2 Madrasah Ibtdaiyah (kalau tidak salah sih, yang jelas masih madrasah).

Ponpes Salafiyah Syafiiah adalah pondok pesantren dengan aliran ahlu sunnah wal jama’ah yang masih kental. Alasan ayah saya memilihi ponpes ini sebagai tempat menuntut ilmu untuk adik saya adalah selain menganut ahlu sunnah wal jama’ah  yg fokus pada pembelajaran salaf, juga karena rekomendasi dari kerabatnya yang sudah lebih dulu menyekolahkan anak-anak mereka disini.

Tata Cara Pendaftaran Calon Santri

Area ponpes ini sangat luas dan benar-benar memanfaatkan potensi para penduduk disekitar. Sebelum masuk ke area ponpes terdapat SPBU dibahu jalan, SPBU tsb milik ponpes untuk pemberdayaan penduduk, sayangnya saya tidak mendokumentasi dari awal saya masuk ke area ponpes. Masuk ke kompleks ponpes, sekitar 2-3km dari jalan besar, banyak berjejer toko-toko milik warga, dari mulai toko baju, bantal, kitab, rental komputer, warnet, tempat makan, warung-warung, toko marbel, mini market, atm center, dsb. Banyak santri yang berlalu lalang memakai sarung dan peci, dan seluruh wanita menggunakan penutup kepala (baca:kerudung/jilbab). Ada satu kendaraan khas di area ponpes, yaitu bemor (becak motor), karena jarak dari jalan besar ke dalam popes cukup jauh sekitar 7km.

Tak cuma itu, rumah-rumah warga juga dijadikan tempat “homestay” untuk orang tua santri dan calon santri. Setiap rumah selalu menyediakan kamar-kamar yang berisi kasur dan kipas angin, dan makanan untuk menjamu tamu. Saya pun singgah ke salah satu homestay saat baru saja sampai, untuk meminta informasi mengenai pendaftaran serta beristirahat sejenak setelah berjam-jam duduk di dalam mobil. Sebagai host, pemilik rumah sangat ramah, dan “selalu menyediakan makanan”, makanan disini lengkap dengan nasi lauk pauk dan sayur. Dalam satu hari, mereka bisa menjamu tamu lebih dari 3kali makan. Wow kenyang sekali saya. Uniknya lagi, homestay disini tidak mematok tarif. Jika tamu mampu bisa memberi uang berapapun diterima, namun jika tidak mampu tak apa, ada yang memberikan buah tangan saja seperti singkong, makanan-makanan, beras, dll. Waktu itu saya bersama calon santri dari kalimantan, dia membawa buah tangan sangat banyak. Menurut penduduk disini, melayani tamu adalah keberkahan.

Walaupun para santri tinggal di asrama, namun mereka boleh keluar asrama (sampai batas jalan besar) di hari libur yaitu Hari Jumat. Biasanya santri datang ke homestay tempat mereka singgah, untuk menaruh barang-barang berharga, sekedar beristirahat, makan, bahkan les!!!! Beberapa homestay bahkan menyediakan les matematika dan bahasa inggris untuk santri dan penduduk.

Potensi warga benar-benar dimanfaatkan dengan adanya ponpes ini. Ponpes seperti denyut jantung dari desa Sukorejo.

Gerbang masuk ponpes

Setelah melewati keramaian penduduk, sampai lah ke area inti Pondok Pesantren. Disini suasana lebih tenang karena dihuni oleh santri dan pengajar serta steril dari kendaraan roda empat. Terdapat gedung-gedung sekolah dan asrama-asrama untuk para santri. Sistem sekolah disini : Pagi hari (07.00-11.00),  santri akan bersekolah di sekolah agama dari mulai Madrasah Ibtidaiyah, Aliyah, Tsanawiyah, hingga Ma’had Aly. Kemudian setelah ishoma, santri melanjutkan sekolah umum (terbuka bagi penduduk sekitar) Ponpes ini memiliki beberapa sekolah dari mulai SD, SMP, SMA, hingga  Perguruan Tinggi. Dan di malam hari, santri mempelajari salaf (kitab kuning) di kamar asrama masing-masing dibimbing oleh kepala asrama. Kepala asramanya adalah mahasiswa-mahasiswa dari Perguruan Tinggi Institut Agama Islam Ibrahimy.

Kantor Pusat Ponpes Syafiiah Salafiyah

Dikutip dari alkhorot.net dan situbondokab.go.id Ponpes ini memililki lebih dari 15.000 santri yang berasal dari berbagai penjuru negeri, bahkan luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Saat ini pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah di asuh oleh KH. Ahmad Fawaid.

Lalu bagaimana dengan biaya sekolahnya? Sungguh sangat murah, bayaran pertahun tidak lebih dari harga smartphone kelas middle-low. Mungkin lebih besar biaya hidupnya, seperti upah cuci, beli peralatan sekolah, pakaian, makan, dll tapi biaya hidup di Sukorejo cukup murah kok. Sepiring nasi dengan lauk pauk berkisar hanya 5rb-10rb.

SMA Ibrahimy Sukorejo, terakreditasi A lho

Dengan bersekolahnya adik saya disini, keluarga saya jadi punya jadwal jalan-jalan tiap 4bulan sekali untuk nengokin adik saya :p

Belajar yang benar ya dek disana, biar bisa jadi Ustad kebanggan mama.

kiri-kanan : ka bibah (guru les); mom; uncle; my brother;kepala kamar asrama

kiri-kanan : daddy;uncle;my brother

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah
Desa Sukorejo
Kecamatan Asembagus
Kabupaten Situbondo
Jawa Timur
Kode Pos : 68374

 

About these ads

46 comments

  1. Assalamu’alaikum…
    Saya boleh tau info biaya mondok disana? Mohon bagi-bagi, kalo boleh sama info jenjang perguruan tingginya, soalnya udah browsing tapi tetep ga memuaskan info nya, terima kasih,

  2. Jenjang PT.a yg fakultas ialah : ad fakultas syariah, tarbiah, dakwah. N yg nonfakultas ad amiki, perikanan dan ma’had aly.

  3. :-)
    saya adalah penduduk asli Sukorejo………….
    …..
    semoga qt semua mendapat Barokah…. Amiinn…….

  4. wah gimana yah kabar pondok sekarang
    klo lihat fotonya kantor pusat msh tetep seperti yg dulu.
    bangunan SMA msh tetep seperti dulu

    Salam Buat Temen2 disana
    alumuni tahun 2003

  5. hy kk nich aQ Emilda Regk Arzing yg school sd 2 singjrh aQ kngn bngt kk mach kk, tuch gmana kbr ny d! pndOk krie gg nOg abene agh E Ezt ati ni s0ndt iki kngn mbc lrek pndOk an
    he he he
    ckckck

  6. bg kk yg mngnal qh satu yg aQ ingn kndt jngn pRnah lpakan aQ wlaupun Engkau bkan milik qh
    Ai love yau my frend,s

  7. Emilda bukan seperti permen karet stelah d! makan di buang Emilda itu sperti yg kmue cinta i kya aQ mencintai mUe,,,,

    Arzing perfex seiha
    Arzing is the best
    Arzing aregk ring0juruh°°°

    1. akhue ingin IBRAHIMY selalu jadi nomor satu………. kangentd sapa tuech,,..???????? tanbah ganteng dech akhue doa’in

      1. MASUK PONPES BARENG,,,, MASUK SCHOOL BARENG….. BOLOS BARENG….. NAKAL2 BARENG…… DIPANGGIL GURU BARENG…… DIBERDIRIIN BARENG…… MANDI BARENG…… KE PASAR BARENG….. TIDUR BARENG….. DAN SAMPAI KEMANAPUN SELALU BARENG JADI HARUS……………..LULUS 1000% BARENG…. DAN YANG TERAKHIR HARUS REKOM BARENG BAGI YANG MAU…… :D

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s